Selasa, 19 November 2013

New Media


1.                 Definisi New Media
Media baru (New Media) adalah istilah yang dimaksudkan  untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir  abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan. Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.

2.                 Manfaat New Media
1.      Memberikan Informasi dengan cepat tidak seperti media cetak
2.      Lebih Efisien dan akurat
3.      Lebih mudah diakses oleh khalayak kapan saja dan dimana saja serta harus terhubung jaringan koneksi internet
4.      Harganya lebih murah
5.      Lebih simple dan praktis
6.      Sangat berguna sekali khalayak dalam menjalankan suatu usaha di media baru
7.      Promosi usaha lewat media baru(New Media) lebih murah dan lebih cepat di ketahui oleh orang.
8.      Khalayak atau pembaca dapat menemukan apa saja di media baru (New Media) yang bermafaat untuk kehidupan
9.      Terjangkau digunakan oleh khalayak lewat koneksi internet
10.  Bisa mengetahui harga pasar usaha dan melihat kondisi pasar usaha yang sedang trend serta lagi trend apa

3.                 Komponen New Media
Komponen dari New Media yaitu :
1.      HandPhone/Smart Phone
2.      Internet
3.      Komputer

4.                 Aplikasi New Media
Salah satu contoh Aplikasi New Media ialah Facebook. Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.  Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
a)      Fitur-fitur pada Facebook
1.      Status Update, fitur ini adalah fitur yang paling dasar dan sering digunakan oleh user, yaitu untuk melakukan posting pesan, baik berupa teks, gambar, link, ataupun video. Status Update ini nantinya dapat dilihat oleh teman-teman yang ada di Facebook, tergantung pada pengaturan yang digunakan.
2.      Timeline, fitur ini merupakan pembaharuan dari Profile dan Wall Facebook yang diberlakukan sejak tanggal 15 Desember 2011. Disinilah semua konten posting user akan diatur dan ditampilkan kepada orang lain, khususnya teman teman yang ada di Facebook
3.      Friend, fitur ini digunakan oleh facebookers untuk mencari dan mendapatkan teman
4.      Like, fitur ini fibuat oleh facebook sebagai sebuah mekanisme atau cara untuk menyampaikan pesan positif feedback dan menghubungkan hal-hal apa saja yang diminati oleh facebookers tersebut.
5.      Message dan Inbox, fitur ini digunakan untuk mengirimkan pesan kepada user lain secara private message.
6.      Privacy dan Security, sejak 12 Mei 2011, Facebook telah meluncurkan fitur keamanan dan privasi baru yang dirancang untuk memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan bagi para Facebookers dari serangan Malware maupun pembajakan akun Facebook.
7.      News Fees, merupakan fitur dimana aktivitas user dan teman-temannya akan tertampil secara berkala.
8.      Notifications, fitur ini merupakan semacam fitur yang memberikan informasi berupa tanda pemberitahuan yang muncul pada bagian toolbar atas, biasanya berupa pop-up berwarna merah. Notifikasi ini bisa berupa pemberitahuan adanya request friend, pesan yang masuk ke inbox atau pesan yang dibagikan di wall teman.
9.      Networks, Groups, dan Pages, selain ditunjukan untuk mengguna secara personal, Facebook juga terbuka bagi kelompok, organisasi, lembaga atau perusahaan untuk bergabung dalam jejaring social ini. Hal ini hamper sama dengan membuat sebuah blog di Facebook dan menjadi administratornya.
b)      Manfaat Facebook
1.      Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari adalah dapat menjumpai teman lama melalui Facebook.
2.      Tempat promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif.
3.      Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum diskusi.
4.      Sebagai Tempat Untuk Menjalin Hubungan.
5.      Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain, disamping untuk bermain, di facebook juga bisa digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah ditemukan sebelumnya.
c)      Kelebihan Facebook
1.      Tampilannya lebih sederhana dan clean, tidak banyak iklan yang dipajang disana-sini, hanya ada dua iklan saja yang otomatis berubah.
2.      Memiliki fasilitas tag foto, jadi dalam sebuah foto bisa memberikan keterangan pada foto tersebut, ketika kursor mouse diarahkan tentu saja akan berisi keterangan mengenai apa yang ada dalam foto tersebut, seperti nama masing-masing orang yang ada dalam foto.
3.      Memiliki aplikasi yang jumlahnya cukup banyak.
4.      Memiliki fasilitas chat, bisa chat secara langsung dengan teman kalau sedang online.
5.      Memiliki fasilitas untuk mengiklankan produk atau usaha yang kita miliki.
6.      Proses request friend yang tidak ribet
7.      Informasi yang ditampilkan di facebook umumnya adalah data personality yang dibuat dengan benar.
8.      Memiliki fasilitas Privacy Setting
d)     Kekurangan Facebook
1.      Uncustomize, artinya facebook belum mengijinkan usernya untuk memodifikasi template, warna, kursor, background dan lainnya.
2.      Banyaknya aplikasi yang di pasang di facebook terkadang membuat aksesnya menjadi lebih lambat.
3.      Facebook terkadang lama untuk di akses, mungkin karena usernya sudah banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar