1.
Definisi New Media
Media baru (New Media) adalah istilah yang
dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau
jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.
Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital,
seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat,
mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media
yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet
secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network,
online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar,
2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era.
Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era
telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media
yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron Rice mendefinisikan media
baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya
(baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk
berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan
komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan
penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses
komunikasi yang semakin meningkat.
2.
Manfaat
New Media
1. Memberikan
Informasi dengan cepat tidak seperti media cetak
2. Lebih
Efisien dan akurat
3. Lebih
mudah diakses oleh khalayak kapan saja dan dimana saja serta harus terhubung
jaringan koneksi internet
4. Harganya
lebih murah
5. Lebih
simple dan praktis
6. Sangat
berguna sekali khalayak dalam menjalankan suatu usaha di media baru
7. Promosi
usaha lewat media baru(New Media) lebih murah dan lebih cepat di ketahui oleh
orang.
8. Khalayak
atau pembaca dapat menemukan apa saja di media baru (New Media) yang bermafaat
untuk kehidupan
9. Terjangkau
digunakan oleh khalayak lewat koneksi internet
10. Bisa
mengetahui harga pasar usaha dan melihat kondisi pasar usaha yang sedang trend
serta lagi trend apa
3.
Komponen New Media
Komponen dari
New Media yaitu :
1. HandPhone/Smart
Phone
2. Internet
3. Komputer
4.
Aplikasi New Media
Salah satu
contoh Aplikasi New Media ialah Facebook. Facebook adalah
sebuah layanan jejaring sosial yang
diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama
teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya
terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di
Boston, Ivy League,
dan Universitas Stanford. Situs ini
secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum
dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang
berusia minimal 13 tahun.
a) Fitur-fitur
pada Facebook
1. Status
Update, fitur ini adalah fitur yang paling dasar dan sering digunakan oleh
user, yaitu untuk melakukan posting pesan, baik berupa teks, gambar, link,
ataupun video. Status Update ini nantinya dapat dilihat oleh teman-teman yang
ada di Facebook, tergantung pada pengaturan yang digunakan.
2. Timeline,
fitur ini merupakan pembaharuan dari Profile dan Wall Facebook yang
diberlakukan sejak tanggal 15 Desember 2011. Disinilah semua konten posting user
akan diatur dan ditampilkan kepada orang lain, khususnya teman teman yang ada
di Facebook
3. Friend,
fitur ini digunakan oleh facebookers untuk mencari dan mendapatkan teman
4. Like,
fitur ini fibuat oleh facebook sebagai sebuah mekanisme atau cara untuk menyampaikan
pesan positif feedback dan menghubungkan hal-hal apa saja yang diminati oleh
facebookers tersebut.
5. Message
dan Inbox, fitur ini digunakan untuk mengirimkan pesan kepada user lain secara
private message.
6. Privacy
dan Security, sejak 12 Mei 2011, Facebook telah meluncurkan fitur keamanan dan
privasi baru yang dirancang untuk memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan
bagi para Facebookers dari serangan Malware maupun pembajakan akun Facebook.
7. News
Fees, merupakan fitur dimana aktivitas user dan teman-temannya akan tertampil
secara berkala.
8. Notifications,
fitur ini merupakan semacam fitur yang memberikan informasi berupa tanda
pemberitahuan yang muncul pada bagian toolbar atas, biasanya berupa pop-up
berwarna merah. Notifikasi ini bisa berupa pemberitahuan adanya request friend,
pesan yang masuk ke inbox atau pesan yang dibagikan di wall teman.
9. Networks,
Groups, dan Pages, selain ditunjukan untuk mengguna secara personal, Facebook
juga terbuka bagi kelompok, organisasi, lembaga atau perusahaan untuk bergabung
dalam jejaring social ini. Hal ini hamper sama dengan membuat sebuah blog di
Facebook dan menjadi administratornya.
b) Manfaat
Facebook
1. Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman,
manfaat yang paling terasa dari adalah dapat menjumpai teman lama melalui Facebook.
2. Tempat promosi, bisa menjadi media
promosi yang sangat efektif.
3. Tempat diskusi, salah satu fitur di
situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum diskusi.
4. Sebagai Tempat Untuk Menjalin
Hubungan.
5. Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain,
disamping untuk bermain, di facebook juga bisa digunakan untuk mempelajari ilmu
ilmu yang belum pernah ditemukan sebelumnya.
c) Kelebihan Facebook
1. Tampilannya lebih
sederhana dan clean, tidak banyak iklan yang dipajang disana-sini, hanya ada
dua iklan saja yang otomatis berubah.
2. Memiliki fasilitas tag foto,
jadi dalam sebuah foto bisa memberikan keterangan pada foto tersebut, ketika
kursor mouse diarahkan tentu saja akan berisi keterangan mengenai apa yang ada
dalam foto tersebut, seperti nama masing-masing orang yang ada dalam foto.
3. Memiliki aplikasi yang
jumlahnya cukup banyak.
4. Memiliki fasilitas chat,
bisa chat secara langsung dengan teman kalau sedang online.
5. Memiliki fasilitas untuk
mengiklankan produk atau usaha yang kita miliki.
6. Proses request friend
yang tidak ribet
7. Informasi yang
ditampilkan di facebook umumnya adalah data personality yang dibuat dengan
benar.
8. Memiliki fasilitas
Privacy Setting
d) Kekurangan
Facebook
1. Uncustomize, artinya
facebook belum mengijinkan usernya untuk memodifikasi template, warna, kursor,
background dan lainnya.
2. Banyaknya aplikasi yang
di pasang di facebook terkadang membuat aksesnya menjadi lebih lambat.
3. Facebook terkadang lama
untuk di akses, mungkin karena usernya sudah banyak.
4. Fitur chat yang masih
sangat sederhana.
Sumber
:
- www.slideshare.net/_hikaru/teknologi-internet-dan-new-media
- http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/kmm/17-tmb-umb/2078-lalongkoe-ramses
- http://media.kompasiana.com/new-media/2013/05/25/manfaat-media-online-media-baru-new-media--559120.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
- http://www.peoplehope.com/chat/fitur-fitur-dasar-facebook-dan-beberapa-update-fitur-terbaru-facebook-2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar