Minggu, 27 Maret 2016

KOMPUTASI MODERN BELANJA ONLINE DI WWW. ZALORA.CO.ID


Saat ini banyak sekali aplikasi yang menggunakan komputasi modern, mulai dari web, gps, dan sebagainya. Komputasi modern itu sendiri ialah sebuah sistem untuk menerima intruksi dan menyimpannya dalam memory.
Pada web www.zalora.co.id merupakan salah satu contoh pemakaian komputasi modern. www.zalora.co.id adalah sebuah web toko online fashion dan kecantikan yang menawarkan koleksi pakaian, aksesoris, sepatu dan produk kecantikan untuk pria dan wanita. Berpusat di Singapura, ZALORA juga terdapat di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei. ZALORA menjual produk fashion dari brand international dan juga brand local di setiap Negara yang beroperasi. ZALORA juga beroperasi di Australia dan New Zealand sebagai The Iconic. Zalora adalah salah satu investasi utama Rocket Internet di Singapura.
Web www.zalora.co.id merupakan web perusahaan Indonesia dilihat dari domain ekstensinya. Pada tampilan awal web tersebut, pengunjung akan disuguhkan pilihan produk wanita atau pria.

Dilihat dari gambar di atas, bahwa web tersebut mulai melakukan spesifikasi pengunjung yaitu wanita atau pria. Namun web tersebut juga dapat melakukan pencarian produk sesuai keyword. Terdapat juga menu-menu sebagai informasi jawaban dari pertanyaanya seperti informasi pengiriman gratis dan bayar di tempat. Terdapat menu account dimana berfungsi sebagai tempat penyimpanan data user login, daftar atau cek status order. Terdapat menu troli yang digunakan untuk melihat produk apa yang telah dipilih dan akan diterukan ke pembayaran. Terdapat juga menu outlet dan magazine, dimana menu tersebut merupakan informasi sale produk dan informasi trending fashion. Saat user memilih produk wanita atau pria akan pindah halaman seperti gambar berikut.

Pada halaman tersebut, pengunjung akan melihat informasi sale melalui iklan yang telah ditata pada web tersebut. Lalu pengunjung dapat memilih produk yang akan dibeli berdasarkan jenis produk atau dapat mencari langsung melalui keyword.


Misalkan pengunjung memilih produk berdasarkan jenis produk yang terdapat di menu produk, maka pengunjung akan melihat berbagai kategori yang lebih spesifikasi dan brand yang termasuk dalam jenis produk tersebut.

Dari halaman tersebut, pengunjung akan di bawa ke halaman berikut jika sudah memilih kategori produk atau top brands yang dipilih.

Pada halaman tersebut terdapat pengaturan posisi urutan produk, dimana pengunjung dapat mengurutkan produk berdasarkan popularitas, harga terendah, harga tertinggi, produk baru atau produk diskon. Selain itu, ZALORA juga memberi layanan filter produk yaitu pengunjung dapat mengeliminasi setiap produk menjadi produk yang diinginkan.


Setelah pengunjung memilih produk, dan ingin melihat produk tersebut secara spesifikasi seperti ketersediaan stok, gambar produk, jenis bahan dan lain-lain maka ZALORA akan menampilkan seperti gambar berikut.

Jika pengunjung sudah merasa cocok dengan produk tersebut, dan produk tersebut tersedia stoknya maka pengunjung dapat langsung memesan produk tersebut. Produk tersebut pun akan masuk ke dalam tas belanja.

Selanjutnya pengunjung dapat langsung membayar atau ingin lanjut berbelanja. Jika pengunjung ingin langsung membayar produk tersebut maka pengunjung diwajibkan untuk mengisi alamat email.

Lalu memilih alamat pengiriman.

Setelah itu melakukan metode pembayaran.

Maka pengunjung akan mendapatkan email untuk bukti transaksi berhasil.

Dari detail pembahasan diatas, maka dapat ditulis apa kelebihan dan kekurangan dari web tersebut. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari web tersebut.

Kelebihan :
  • Customer Service yang baik, memberikan bantuan bagaimana cara berbelanja dan bertransaksi sehingga tidak membuat pengunjung bingung.
  •  Layanan bayar ditempat.
  • Penataan produk yang baik.
  • Data akun pengunjung aman.
  • Tersedianya produk luar negeri.
  • Pemberitahuan produk sale.


Kekurangan :
  • Konfirmasi pembayaran manual.

Kesimpulan :
Web belanja online www.zalora.co.id merupakan salah satu perusahaan Indonesia pada bidang retail yang menawarkan produk fashion dan kecantikan bagi wanita dan pria. Perusahaan yang berpusat di Singapura ini telah membuka cabang di berbagai Negara Asia.
Pada web ini, pengunjung akan merasa nyaman berbelanja dikarena data akun pengunjung akan disimpan secara aman, tidak ada pelaku tipu menipu karena barang tidak sesuai pesanan maka pengujung dapat mengembalikan barang tersebut dan akan dikirim kembali dengan barang yang sesuai. Pembayaran di tempat juga menjadi suatu kelebihan pada web ini. Customer service yang baik juga sangat membantu pengunjung baru yang ingin berbelanja di web tersebut. Pengunjung tidak akan bingung saat bertransaksi karena terdapatnya pusat bantuan untuk melakukan transaksi seperti pemesanan, pembayaran hingga pengembalian produk.
Produk yang tersedia pada web ini juga tidak hanya produk local, namun produk internasional juga tersedia bagi pengunjung yang ingin membeli brand luar. Pemberitahuan produk sale sangat membantu bagi pengunjung yang hoby berbelanja namun tidak terlalu menguras dompet. Penempatan pemberitahuan produk sale juga sangat baik, tidak mengganggu pengunjung untuk berbelanja yang bukan produk sale.
Penataan tampilan produk juga sangat baik, terdapat gambar hingga tulisan detail spesifikasi dari produk. Jadi pengunjung tidak akan dibuat kecewa jika memesan produk tersebut karena sudah terdapat spesifikasi detail dari produk tersebut. Selain itu, pengunjung juga dapat memfilter pencarian produk. Mulai dari memfilter ukuran, harga, brand dan warna yang membuat pengunjung dapat mempersingkat waktu pencarian. Selain itu juga, web ini dapat melakukan pengurutan berdasarkan keinginan user. Misalkan berdasarkan harga terendah atau harga tertinggi, popularitas dan harga diskon.

Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar